PEDAS SEDAP MANGUT KEPALA MANYUNG KHAS PESISIR GRESIK




Mangut kepala ikan manyung, salah satu hidangan tradisional khas masyarakat pesisir gresik yang kini semakin disuka dan banyak diburu warga. Tekstur ikan Manyung yang lembut dipadu dengan sambal pedas dan dan santan kepala membuat hidangan khas masyarakat pesisir ini terasa legit, gurih dan sedap.


Mangut kepala ikan manyung biasa disajikan di dalam mangkuk, terisah dengan piring nasi. Lumuran kuah kental bertabur cabe merah dan cabe hijau membalut daging kepala manyung.
 
Kuliner tradisional khas masyarakat pesisir gresik ini lebih asyik disantap dengan sendok atau tangan terutama bagi mereka yang hobi makan daging tulang atau bahasa kerennya kerokot krokot.

Karakter mangut kepala manyung yang pedas dipadu bumbu rempah dan santan kelapa mampu membuat ketagihan karena sensasi kelezatanya yang legit, gurih, dan sedap.

Kuliner khas warga pesisir ini, banyak ditemui di sepanjang jalur Pantura Deandles Gresik, diantaranya  kepala manyung " Mbok Endun" di desa Lasem,  kecamatan Sidayu, kabupaten Gresik.

Warung kepala manyung di sepanjang pantura Gresik punya cara penyajian yang unik, karena dihidangkan secara prasmanan. Bagi pecinta kuliner yang memiliki gangguan kolesterol juga disediakan nasi jagung.

Para pecinta kuliner menuturkan pedasnya membuat keringat bercucuran sehingga membuka penyumbatan aliran darah dan berkhasiat mengobati masuk angin, flu dan meningkatkan stamina.

"Tidak lengkap berkunjung ke Gresik tanpa menyantap kepala manyung," ujar Cholili pecinta kuliner kepala manyung asal Surabaya.

Zaenal Abidin, pemilik warung kepala manyung, mengatakan, hanya memilih ikan segar sehingga rasanya lebih gurih dan lezat.

"Meski banyak pembeli yang mengaku kapok dengan sambal pedasnya, tetapi anehnya mereka tetap datang dan kangen pedasnya," ujar lelaki yang sudah hampir 8 tahun menekuni usaha kuliner.

Proses pengolahan mangut kepala manyung diawali dengan proses perendaman di air panas dilanjut dengan pengasapan kemudian proses memasak menggunakan santan.

Mangut kepala manyung diolah dengan beragam bumbu rempah, diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, kencur, kunyit, lengkuas, dan daun salam.


Para pecinta kuliner yang pingin mencicipi hidangan khas masyarakat pesisir gresik juga tidak perlu repot karena banyak warung di sepanjang jalur Pantura Deandles Gresik yang menyediakan dengan harga Rp 20 ribu/ per porsi. (bima)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK EVAKUASI PASIEN KEBAKARAN

SISWA SMP CIPTAKAN FILTER PENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR SIAP MINUM