ROBOT PEMBAJAK SAWAH KARYA SISWA SMAN MANYAR GRESIK




Tiga orang siswa sekolah SMA di Gresik  berhasil merakit Robot pembajak sawah dengan menggunakan energi tenaga surya. Robot yang mampu bergerak maju, mundur dan bergerak memutar mampu meraih gelar Excellence Technical Award In Creatif Ccategory Cchallenge  di ajang International Robot Olyimpiad (IRO) di  di Beijing- tiongkok tahun 2014. 

Calvin Janita Bastama dan Aldion Harlistya Putra perakit robot pembajak sawah dan penyiram tanaman asal SMAN Satu Manyar yang karyanya mampu menyabet predikat juara  International Robot Olympiad (IRO)  di Beijing-Ttiongkok tahun 2014.

Robot bertenaga surya karya siswa kelas 11 didesain dengan sistem kerja Aeropneumatic  yang mampu bergerak memutar,  maju  dan berjalan mundurlayaknya manusia.

Robot dexter Aeropneumatic memanfaatkan kompresor  yang diatur piston yang berfungsi untuk mengatur irama pergerakan pembajak dan penyiram tanaman.

Calfin Janita Bastama mengatakan/ide awal pembuatan robot dexter berawal dari ungkapan keprihatinan terhadap minimnya fasilitas taman hutan kota akibat keterbatasan lahan dan tenaga manusia//

“Robot dexter diharapkan membantu pemerintah kota untuk  memperbanyak fasilitas taman hutan kota sehingga mampu mencegah terjadinya pemanasan global,” ujarnya.

Abdul ghofar kepala sekolah SMAN Satu Manyar  mengatakan prestasi yang dicapai siswa-siswinya diraih melalui proses panjang . Pihak sekolah memberikan kesempatan seluas-uasnya kepada para siswa untuk meningkatan kreativitasnya.

Siswa yang berprestasi  mendapatkan penghargaan berupa beasiswa dan memperoleh kesempatan memilih  lembaga perguruan tinggi ternama. Pihak sekolah juga memfasilitasi pengurusan hak paten karya siswanya.

“Sekolah memfasilitasi dan mendorong para siswa meningkatkan kreativitasnya,” ujar Abdul Ghofar.

Meski belum sempurna tetapi para siswa berencana terus melakukan inovasi dan pengembangan robot dexter karyanya sehingga membantu pemerintah memperbanyak fasilitas taman kota untuk mencegah terjadinya pemanasan global . (bima)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH GRESIK EVAKUASI PASIEN KEBAKARAN

SISWA SMP CIPTAKAN FILTER PENGOLAH AIR LAUT MENJADI AIR SIAP MINUM